Hujan Malam Ini

Sudah tiga hari hujan menemani malam. Saya selalu suka hujan di malam hari. Juga hujan di pagi hari. Juga siang hari, sore, pagi menjelang siang, siang hampir sore, malam dengan langit masih oranye, atau apapun waktu dan suasana langit saat itu. Saya memang sangat suka hujan.

Tapi hujan di malam hari selalu berbeda. Apalagi hujan di rumah saya. Saya selalu suka bunyinya. Bunyi hujan yang jatuh di tanah, di aspal, di daun. Bunyinya renyah, entah apa yang membedakan bunyi hujan malam hari dengan waktu yang lainnya.

Biasanya saya mendengarnya dalam kegelapan. Saya akan mematikan lampu kamar, memandang langit-langit dan berlindung di balik selimut. Selimut berbahan kasar yang saya suka, karena ia mampu memberi sensasi gelitik yang saya rindukan dari handuk kumal kesayangan saya saat kecil dulu, saya menyebutnya “butut”. Ah, sudah bertahun-tahun lamanya saya bahkan tidak menggunakan kata itu lagi.

Kembali ke hujan, sepertinya saya sudah sangat sering membahas hujan. Mungkin orang-orang bosan. Tapi saya tidak. Selalu ada yang berbeda dari hujan. Selalu ada cerita di sana. Cerita berbeda dalam peristiwa jatuhnya gerombolan air yang sama sejak hujan pertama di bumi.

Makanya saya sebenarnya tidak begitu setuju dengan bagaimana kita sering menghubung-hubungkan hujan dengan kesedihan, ketidakberuntungan. Lihat saja lirik-lirik lagu yang ada, “I’ll be your sunshine after the rain”, ” I could keep your number for a rainy day” atau Dora the Explorer yang sering bilang “Hujan-hujan pergilah, datang lagi lain hari..”, setiap awan hujan hendak menghampiri. Lihat kan bagaimana hujan selalu salah?

Tulisan ini memang bukan untuk membela hujan. Toh hujan tidak butuh dibela. Saya hanya sedang ingin memberikan apresiasi lebih kepada hujan. Terlebih pada hujan di malam hari. Terlebih pada hujan di depan rumah saya. Terlebih pada hujan yang sekarang menemani saya mengetik tulisan ini. Terlebih pada.., ah sepertinya saya sudah berlebihan.

Terima kasih sudah menemani tanpa diminta

Leave a Reply

